Selasa, 11 Januari 2011

Mengapa kita kudu sregep untuk mecas batrai rohani kita???


Tubuh kita ibarat komponen peralatan elektronik, contoh paling mudah adalah sebuah HP yang kita miliki…. Jika HP itu kita pergunakan dalam sehari penuh tanpa ada jedaistirahat maka batrai dari HP trsebut bakalan habis dan lama-lama HP tersebut bakalan tidak dapat kita fngsikan lagi sebagaimana mestiya. Maka tugas kita adalah mencas batrai terssebut agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Ikhwati fillah…beditu juga dengan diri kita. Jika kita  terus menerus melakukan aktifitas tanpa ada senggang waktu untuk rehat sejenak untuk memenuhi haknya tubuh maka tunggu saja masa sakit yang akan menghamipirimu. Begitu juga dengan kondisi rohani kita , ia juga memilikhak untuk mendapat suplemen agar tetap dalam posisi 100% . Ikhwati…jika batrai rokhanikita telah habis dan kita lalai dalam memenuhi kewajiban  kita untuk megisi natrai itu kembali maka tunggulah detik-detik kefuturan yang mana hal ini bisa sebagai celah pintu kehancuran. Yang dulunya kita giat menjalankan ibadah-ibadah wajib dan  menghiasinya dengan renda ibadah-ibadah sunnah kini menjadi malas dan bisa juga sama sekali melupakannya begitu saja, yang dulunya kita menutup aurat dari ujung kepala hingga ujung kaki karna kondisi rohani kita yang kosong maka hal itu hanya sebagai bukti sejarah kalau kita dulu jugapernah menjalankan ketaatan. Karna sesungguhnya hidayah itu wajib dicari dan jika kita sudah mendapatkannya tantangan terberat adalah menjaga hidayah tersebut agar tidak pernah lari lagi dari diri kita. Banyak sekali fenomena yang dapat kita jadikan sebagai uswah, salah satu contoh yang  dapat kita jumpai hamper tiap sudut ada adalah Seorang santri yang dulunya begitu alim,tau bagaiamana cara menjaga Izzah dirinya,tau akan hukum islam,tau perbedaan antara makhrom dan tak mahrom akan tetapi setelah predikat santri itu lepas semuanya berpurtar 180’
Ikhwati dari fenomena itulah kita kudu sregep dalam mencas batrai rokani kita, kita kudu lebih perhatian lagi terhadap kebutuhan rohani kita agar kita tetap berada dalam koredor yang semestinya. Agar ilmu agama itu tak hanya sebatas lewat dan peri meninggalkan kita.
Banyak sekali cara yang dapat kita gu akan sebagai sarana untuk mencas dan memberikan nutrisi bagi kesehatan rohai kita… banyak sekali media-media yang bisa kita manfaatkaan sebagai contoh adalah kita mendatagi kelompok-kelompok kajian yang menyebar luas, para dokter rohani yang dengan senag hati akan membantu kita. Manfaatknlah ……karena untuk mengetahui ilmu agamakini tidaklah sulit…. banyak tempat yang bersedia menampung kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar